Home techno7 Hal Penting Cara Root Hp Xiaomi
7 Hal Penting Cara Root Hp Xiaomi

7 Hal Penting Cara Root Hp Xiaomi

Salah satu kelebihan namun juga bisa menjadi kelemahan dari Hp Android ialah bisa dilakukan oprek atau root pada Hp tersebut. Bahkan, Anda bisa mengoprek Hp ini dengan sebebas-bebasnya, hingga menjadi sangat berbeda dengan sistem bawaan dari Hp tersebut. Namun sekali  lagi, hal ini juga bisa menjadi sebuah kelemahan, salah satu alasannya karena garansi dari Hp ini langsung hilang setelah dilakukan root.

Meski begitu, tetap tidak sedikit orang yang memutuskan untuk melakukan root Hp, bisa karena alasan untuk memaksimalkan kinerja dan fiturnya, menambah ruang, hingga hanya sekedar iseng saja dan ingin merasakan sistem yang berbeda. Oleh sebab itu, jangan heran jika semakin banyak saja orang yang mencari cara root Hp Xiaomi, Hp Oppo dan Hp-Hp lainnya.

Jika Anda sudah mantap untuk melakukan root Hp, maka Anda diharuskan untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan Daya Baterai

Proses root biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, maka daya baterai merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan. Sebelum melakukan rooting, pastikan terlebih dahulu baterai Anda sudah penuh. Hal ini disebabkan jika pada proses root tiba-tiba baterai habis, maka akan terjadi masalah yang cukup serius pada Hp, bahkan sangat mungkin untuk tidak bisa hidup lagi.

  • Membuat File Cadangan Untuk Hp

Tentu tidak ada orang yang berharap proses root Hp mereka gagal, namun tidak ada yang bisa menjamin pula bahwa proses tersebut akan berjalan lancar sepenuhnya. Untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda membuat file cadangan atau mem-back up file yang penting terlebih dahulu.

Daripada Anda harus menyesal pada akhirnya karena harus kehilangan file-file penting di dalam Hp, karena terjadi masalah pada proses root.

  • Memasang Driver yang Dibutuhkan Terlebih Dahulu

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah mengunduh sekaligus menginstal driver yang diperlukan untuk proses root. Jika masih bingung harus men-download-nya dimana, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi dari pemilik driver.

Selanjutnya, Anda juga perlu untuk mengaktifkan USB debug dari Hp Android. Jika tidak, maka sangat kecil kemungkinan root bisa dilakukan.

  • Mencari Cara atau Metode Root Hp yang Paling Cocok

Benar sekali, setiap brand Hp  biasanya memiliki cara dan metode root-nya tersendiri. Metode A mungkin bisa bekerja dengan baik pada sebuah Hp, namun belum tentu bisa bekerja dengan baik pada jenis atau Hp dari brand lainnya. Itu sebabnya, daripada nanti harus terjadi kesalahan, maka Anda harus mencari tahu terlebih dahulu cara root yang paling sesuai dengan Hp milik Anda.

  • Membaca atau Menonton Tutorial Root Terlebih Dahulu

Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan root pada Hp sendiri mungkin bisa saja melewati step yang satu ini. Namun, jika Anda baru pertama kali akan melakukannya,  maka Anda diharuskan untuk mencari tahu cara root Hp yang benar, bisa melalui tulisan ataupun video.

Simak berkali-kali tutorial tersebut hingga Anda hafal dan paha setiap step-nya. Jika sudah merasa yakin, barulah sebaiknya Anda melakukan root sendiri.

  • Mencari Tahu Bagaimana Cara Unroot

Hal lain yang juga perlu Anda lakukan ialah mencari tahu dulu bagaimana cara melakukan unroot Hp Android. Ya, tidak ada yang tahu bukan apa yang akan terjadi selanjutnya. Bisa saja di masa depan Anda merasa bosan dan ingin merasakan sistem awal dari Hp, sehingga bisa meng-unroot-nya kembali.

  • Nonaktifkan Antivirus dan Juga Firewall yang Ada di Komputer

Sedangkan hal terakhir yang perlu Anda lakukan ialah menonaktifkan firewall dan antivirus yang ada di komputer Anda. Hal ini perlu Anda lakukan jika akan melakukan root Hp menggunakan komputer, namun berbeda jika Anda melakukan root langsung menggunakan perangkat Android itu sendiri.

Nah, itu dia hal penting yang harus Anda lakukan dulu sebelum melakukan root Hp. 

Baca Juga :  Ini Dia 6 Aplikasi Perekam Layar IPhone Terbaik