Home BlogCara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar
Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

Bagi sebagian orang, kehadiran mesin cuci memang tidak bisa dihindarkan. Karena dengan adanya mesin cuci, kegiatan mencuci pakaian jadi lebih ringan. Hal yang sangat merepotkan akan terjadi jika tiba-tiba mesin cuci mati atau tidak mau berputar. Tapi tidak ada orang satupun yang bisa memperbaiki. Tidak perlu khawatir. Kita bisa mencoba memperbaikinya sendiri. Berikut ada tips sederhana cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar.

1.       Menangani Masalah Mesin Yang Tidak Mau Berputar

Mungkin pernah mengalami dimana mesin cuci tiba-tiba tidak mau berputar. Tenang saja. Coba ikuti beberapa langkah berikut. Kurangi volume pakaian. Volume pakaian yang terlalu banyak melebihi kapasitas mesin bisa mengakibatkan mesin tidak mau berputar. Namun, setelah volume dikurangi tetap saja mesin tidak bisa berputar, cara memperbaiki mesin cuci yang tidak berputar selanjutnya adalah dengan cara memeriksa karet vanbeltnya.

Karet vanbelt yang sudah longgar akan membuat mesin cuci tidak mau berputar. Sebaiknya gantilah dengan yang baru. Harganya cukup terjangkau. Jangan memaksakan menyetel ulang karet vanbelt. Karena akan mengakibatkan kerusakan gearbox. Jika ini terjadi, pengeluaran justru akan semakin besar.

2.       Cara Memperbaiki Mesin Cuci Berputar Searah

Mesin cuci yang berputar searah dikarenakan ganguan atau kerusakan pada timer otomatis mesin cuci. Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar atau hanya berputar searah adalah dengan cara cek bagian kabelnya. Karena bisa jadi ada kabel yang putus. Cek juga bagian switcher selection. Jika ada kabel yang putus, segera perbaiki.

3.       Menangani Bagian As Yang Macet

Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar selanjutnya adalah dengan cara mengecek bagian asnya. As yang tidak mau berputar secara otomatis akan berpengaruh pada sistem putar mesin. Segera perbaiki jika as macet. Karena, jika tidak segera diperbaiki akan berpengaruh pada kerusakan dinamo. Sehingga akan menambah panjang daftar kerusakan mesin. Jadi, Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar segera lakukan perbaikan dinamo sehingga as bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Kulkas

4.       Cara Memperbaiki Mesin Cuci Dua Tabung Pengering tidak berputar

Ada beberapa penyebab pengering tidak berfungsi pada  mesin cuci dua tabung. Pertama, kabel yang ada dalam panel timer atau yang naik pada panel timer rusak atau putus. Kerusakan ini biasanya terjadi karena dimakan tikus. Cara memperbaikinya, sambung kabel yang putus. Dan untuk menghindari agar tidak terulang lagi, pasang perangkap tikus tepat di bawah mesin cuci.

Kedua, tali rem yang berada dibawah timer pengering putus. Tali rem ini berfungsi untuk menghentikan putaran dinamo pengering sehingga dinamo pengering akan berhenti saat pintu tutup pengering dibuka. Jika tali rem putus, maka dinamo akan seret atau tidak bisa berputar sekalipun tabung pengering dalam keadaan tertutup. Faktor putusnya ini biasanya karena gigitan tikus. Cara memperbaikinya mudah saja. Coba tarik kawat rem dengan tali. Lalu coba putar dengan tangan. Jika sudah bisa berputar, berarti sudah bisa berfungsi dengan baik.

Ketiga, rusaknya door switch. Biasanya terletak di dekat timer pengering. Kerusakan door switch hanya terjadi pada mesin cuci yang saluran airnya ada dua. Yaitu di kanan dan kiri. Hal ini menyebabkan kelembaban peralatan sehingga menjadi tidak sambung. Cara memperbaikinya adalah dengan cara membongkarnya dan membersihkannya dengan kertas gosok.

cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar

Demikian beberapa cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar. Kita bisa memperbaiki sendiri di rumah. Tanpa terlalu banyak mengeluarkan uang untuk memperbaiki kerusakan sekecil ini